Keterampilan Dari Belajar Mengaji Alquran Dengan Sendiri

Imam Suyuti mendefinisikan sebuah ayat sebagai “Kullu ayatin wafqatun li tadabur” – “setiap ayat adalah momen refleksi, jeda untuk perenungan.” [1]

cara cepat baca AlQuran relevan hari ini, sama seperti hampir 2 milenium yang lalu. Kita perlu belajar menggunakannya, dan menjadikannya teman kita di semua tahap kehidupan, semua keadaan, dan semua pengalaman. Termasuk dalam kehidupan siswa kami. Berikut adalah 22 pelajaran bimbingan dari cara cepat baca AlQuran untuk siswa hingga akhir zaman:

cara cepat baca alquran

Terima kasih
Jembatan pertama yang menghubungkan manusia dengan yang ilahi, melalui kata-kata suci-Nya sendiri adalah rasa syukur dan penghargaan.

 

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (1: 2)

 

cara cepat baca AlQuran dimulai dengan penghargaan dan rasa terima kasih yang penuh kasih kepada Allah dalam sebuah ayat yang secara tata bahasa abadi dan tanpa pembicara. Mengingatkan kita bahwa apakah ada yang berterima kasih kepada-Nya atau tidak, semua rasa terima kasih dan penghargaan adalah milik-Nya.

Sebagai siswa di negara maju, kami adalah beberapa makhluk yang paling tidak bersyukur secara kolektif berjalan di bawah matahari. Sementara yang lain akan menyerah hanya untuk memegang buku teks di yang lain, kami mengeluh tentang segala sesuatu dan apa pun. Kita perlu mengingat yang terpenting, jika Allah telah memberi kita waktu, kesehatan, kemampuan berpikir dan kesempatan untuk berada di sekolah — sekolah mana pun — adalah tugas kita untuk menunjukkan sedikit penghargaan dan rasa terima kasih. Seperti kata Allah,

studi1

Dan [ingat] ketika Tuhanmu menyatakan, ‘Jika kamu bersyukur, aku pasti akan meningkatkan kamu [mendukung] …. (14: 7)

 

Semakin kita bersyukur atas profesor kita, teman sekelas kita, makanan kafetaria, kursus wajib yang membosankan — semakin Allah akan memberkati perjalanan kita dengan cara yang tidak bisa kita bayangkan. Siswa di Gaza memiliki lubang rudal di mana papan tulis mereka, BERHENTI MENGELUH – mari kita bersyukur atas profesor, pendidikan, gelar, nilai, dan pengalaman kami.

Kiat pro: Katakan “Alḥamdulilāh” setiap kali Anda marah atau kesal dengan masalah sekolah. Mengingat betapa frustasinya kehidupan siswa, menjadikan “Alḥamdulilāh” bagian dari kosa kata harian Anda berarti banyak berkat akan datang kepada Anda!

cara cepat baca alquran

Niat cara cepat baca alquran

Sejak dahulu kala kita telah belajar bahwa tujuan hidup adalah untuk beribadah:

51_56

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk menyembah Aku. (51:56)

Kejutan abad ini: Ini berhubungan dengan segala sesuatu dalam kehidupan siswa juga. Setiap tugas yang membosankan, setiap jam 8:30 pagi dengan profesor yang kurang pandai berbicara, setiap malam tanpa tidur — ada alasan untuk kegilaan ini. Sebagai siswa, kebiasaan kita menentukan pengalaman kita. Luangkan waktu sejenak untuk mundur dan bermimpi besar. Mengapa kamu di sini? Ini adalah satu pertanyaan yang tidak akan ditanyakan dalam ujian pilihan ganda mana pun, tetapi yang harus sering Anda tanyakan pada diri sendiri.

Islam mendorong Anda untuk bermimpi besar. Sekolah memberi tahu Anda apa yang dunia bisa berikan kepada Anda, Islam bertanya apa yang bisa Anda berikan kepada dunia. Bermimpilah besar dan jangan biarkan siapa pun memberi tahu Anda sebaliknya, karena hadiah Anda didasarkan pada keberanian, ambisi, dan kedalaman impian cara cepat baca alquran Anda.

Mungkin Anda ingin menyelamatkan dunia, mengakhiri kemiskinan, melindungi dunia dari krisis keuangan — atau mungkin Anda hanya menginginkan pekerjaan halal, menetap, membesarkan keluarga, dan memenuhi kebutuhan orang tua Anda. Keduanya adalah niat terhormat dan berharga untuk membuat siswa kami mengalami ibadah. Ya, bahkan pencarian Google Anda menjadi penyembahan dengan niat yang benar.

Islam secara harfiah berarti ketundukan, dan bagian dari ketundukan ini berarti mengakui bahwa seluruh keberadaan Anda adalah ‘ibādah – penyembahan kepada Allah.

 

6_162

Katakan, “Sungguh, doaku, upacara pengorbananku, hidupku dan kematianku adalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (6: 162)

cara cepat baca alquran

 

Kiat Pro: Catat satu tujuan sederhana (mendapatkan pekerjaan, pensiun orang tua, membesarkan keluarga yang saleh), satu tujuan tingkat menengah (memulai bisnis kecil, membangun masjid, memimpin upaya dakwah setempat), dan satu tingkat epik tujuan (memulai korporasi global berikutnya untuk memberdayakan negara berkembang di dunia, membangun rumah sakit melintasi tanah yang dilanda perang, membangun negara Palestina melalui diplomasi dan kemitraan yang damai, membangun jaringan panti asuhan, dll.)

Cari Pengetahuan
Allah Al-leAleem (Yang Maha Tahu) memilih seorang lelaki yang tidak berpendidikan yang tumbuh sebagai anak yatim, untuk menerima wahyu pertama: “اق ارَأْ”, “Baca!” (96: 1). Perintah pertama oleh Allah kepada utusan Tuhan yang terakhir, ke era terakhir umat manusia adalah “Baca!” Bicara tentang dimulainya era ‘berbasis pengetahuan’. Tema “اقْرَأْ” ini adalah dasar dari lahirnya peradaban kita, dari pendakian Islam hingga munculnya inovasi di Andalusia Islam (Eropa). Kebangkitan dan kejatuhan kita sebagai suatu bangsa berkorelasi dengan komitmen kita pada “اقْرَأْ.”

Sama seperti ketika bangsawan Eropa mengirim yang terbaik dari masyarakat mereka untuk belajar dari akademisi Muslim di Andalus pada saat Eropa jatuh di zaman kegelapan; ketika kota-kota Muslim menjadi wilayah geografi pembelajaran dan mengejar rasa ingin tahu; dunia mencari pengetahuan melalui wadah beasiswa Islam, sekarang, adalah tanggung jawab kita untuk melanjutkan tradisi pembelajaran dan keingintahuan ini sebagai kelanjutan dari tema “اقْرَأْ.”

Nabi Muhammad SAW ‘alaihi wa sallam (damai dan berkah besertanya) diperintahkan untuk mengatakan,

20_114

Tuhanku Tingkatkan aku, dan tingkatkan aku dalam ilmu. (20: 114)

Para ahli tata bahasa telah mencatat bahwa doa yang sebenarnya adalah doa tidak hanya untuk peningkatan pengetahuan, tetapi peningkatan secara umum. Menyarankan bahwa pengetahuan membuat Anda menjadi manusia yang lebih baik, ayah yang lebih baik, suami yang lebih baik, ibu yang lebih baik, individu yang lebih baik di masyarakat.

Kiat Pro: Pergeseran paradigma — cobalah memeras pelajaran dari setiap situasi. Tidak dapat memahami aksen atau gaya mengajar profesor Anda dalam kimia tingkat lanjut? Yah, Anda mungkin tidak belajar kimia tetapi setidaknya Anda cara cepat baca alquran untuk pemula cara memberikan presentasi yang efektif!

Kerja Keras, Dedikasi, dan Kesabaran rubaiyat
Kita belajar dari Muhammad ṣallallhu ‘alaihi wa sallam (damai dan berkah Allah besertanya) apa artinya berjuang dan bertahan untuk sebuah misi. Saat Anda berada di misi yang Anda buru-buru, Anda mengerahkan diri, Anda menaruh semua yang Anda miliki untuk mencapai garis finish. Salah satu wahyu yang paling awal:

73_2

Habiskan malam dalam doa, kecuali sedikit tidur. (73: 2)

Allah sedang mengajar Nabi ṣallallhu ‘alaihi wa sallam (damai dan berkah Allah besertanya) bahwa ketika Anda memiliki tujuan, Anda harus berdedikasi, berjuang keras untuk visi Anda. Ketika Anda mengemudi dengan niat, Allah memberi tahu kami bahwa kami tidak punya waktu untuk tidur. Anda hidup untuk mewujudkan mimpi Anda, sementara yang lain tidur untuk melihat-lihat mimpi belajar al quran di malam hari.

cara cepat baca alquran

Kita juga belajar dedikasi dari kisah Nuh ‘alayhi’l-salām (saw):

71_5

Dia berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku mengundang umat-Ku [kebenaran] siang dan malam.” (71: 5)

 

Ketika belajar adalah ibadah, ketika Anda memiliki tujuan, ketika Anda memiliki misi – Islam mengajarkan kita melalui kisah-kisah para nabi bahwa kita harus bertahan dan berjuang keras cara cepat baca alquran untuk pemula untuk mimpi kita.

Kiat Pro: Apa pun tingkat pengabdian Anda, cepatlah ke komitmen: tingkatkan standar Anda lebih tinggi. Tanyakan, apa yang dapat Anda lakukan (atau tidak lakukan) untuk membuat diri Anda lebih sukses? Mungkin mandi 45 menit bukankah itu produktif? Atau mungkin Anda bisa bertahan selama 5-6 jam tidur?

Terkadang itu Tidak Masuk Akal cara cepat baca alquran dari nol
Anda belajar, kadang-kadang sangat membingungkan, Anda hanya berpikir mengapa saya? Mengapa guru saya tidak mengerti bahwa saya tidak peduli? Mengapa orang tua saya tidak bisa memahami trauma yang saya alami saat mempelajari sesuatu yang ‘sangat tidak berguna’? Tebak apa? Dunia mungkin tidak mengerti Anda, tetapi Allah mengerti. Ketika Yusuf ‘alayhi’l-salām (saw) (seorang nabi, putra seorang nabi, dan cucu seorang nabi) berada di dasar sumur — dasar batu — bayangkan apa yang bisa dipikirkannya? Kenapa saya disini? Kenapa aku harus melalui ini? Mengapa saya Ketika dia berada di dasar sumur, Allah berfirman:

Dan dengan demikian, Allah menegakkan Yusuf di Bumi. (12:21)

Allah berfirman bahwa Yusuf ‘alayhi’l-salām (damai besertanya) hanya bisa menjadi raja melalui pertama-tama menghabiskan waktu di dasar sumur. Demikian juga, rasa sakit, trauma dan kebosanan – mungkin tidak masuk akal sekarang, tetapi mungkin menjadi sumber kemakmuran yang tak terbayangkan di masa depan.

cara cepat baca alquran

Demikian pula: sama seperti ketika ibu Musa melemparkan putranya ke sungai, tidak tahu mengapa belajar baca alquran cepat atau ke mana dia akan pergi dan mempertaruhkan semuanya – Allah berfirman:

20_39

Agar kamu dapat tumbuh dan bangkit di bawah mataku (20:39)